Killbill1′s Weblog

Honda Nova Tena, legenda motor underbone tanpa tanding !

Posted on: 17 Juli 2008

Ini dia motor 2 tak (orang kita nyebut begitu,kalo di Malaysia 2 lejang,kalo bahasa Inggrisnya 2 stroke) bertulang bawah (underbone, kita masih salah kaprah dengan pikiran anderbun sebagai motor bebek balap) yang sempat menjadi legenda balap motor di Asia Tenggara sekitar tahun 1994 s/d 1998’an. Honda Nova Tena sebagai salah satu kontestan balap saat itu yang dipakai hampir semua pembalap Thailand selalu mendominasi kejuaraan untuk kelas underbone 110-115cc, dengar-dengar sih HRC juga ikut membantu. Motor yang secara spesifikasi teknis jauh diatas pesaingnya ini, hampir susah dikalahkan apalagi kalo bermain di sirkuit permanen yang mengumbar power.

Spesifikasi umum : Mesin 2 langkah, kapasitas silinder 109cc, persneling 5 speed kopling manual untuk tipe RS udah closed ratio lagi, kalo tipe R atau S hanya 4 speed dengan kopling otomatis, rem depan udah depan belang pake cakram untuk tipe RS, sedangkan tipe R depan aja yang cakram sementara belakang cuma pake tromol, suspensi depan udah ayam jago, belakang udah monosok (kecuali tipe S yang merupakan seri awal belum monosok).

Sementara untuk tingkat nasional dimana kelas puncak balap motor tanah air masih mengagungkan kelas 2 tak 110-115 cc sebagai primadona, maka kehadiran Honda Nova Tena (versi tanpa radiator yang mana bisa dilihat dari silinder head pakai model pendingin sirip) beberapa tahun kemudian mulai menggerogoti kejayaan Suzuki dan Yamaha. Bahkan kelewat ngetopnya ini motor, beberapa tahun kemudian Honda Nova Tena warna putih (versi radiator) menjadi andalan pada masa awal mekanik kondang roadrace nasional Star Motor (Benny Jatiutomo) ikut balapan yang saat itu dijoki oleh Imanuddin (18), untuk tahun selanjutnya Honda Nova Tena (versi tanpa radiator yang mana bisa dilihat dari silinder head pakai model pendingin sirip) bersama Benny Jatiutomo mengantarkan Ahmad Jayadi (17) menjadi juara nasional yang sudah menggunakan sistem region dan final di Sentul dan tahun berikut kembali mempertahankan juara nasional melalui pembalap Rafid Poppy Sugiarto (77) mengobrak-abrik dominasi pembalap top roadrace nasional Hendriansyah yang saat itu membela Suzuki.

Karena waktu itu belum ada importir umum atau gak dijual di Indonesia apalagi Honda Indonesia juga gak ngeluarin motor ini, sebagai pelampiasan karena belum bisa beli atau memiliki maka buat tampilan part/onderdil seperti lampu depan atau lampu belakang (tail lamp) menjadi bagian yang bisa di aplikasi ke motor yang udah dimodifikasi.

About these ads

45 Tanggapan to "Honda Nova Tena, legenda motor underbone tanpa tanding !"

mo komentar apa yak???

Oo.. Kalo sama Nova Dash bedanya apa ya? Sonic itu juga termasuk Honda Nova kan? Spesifikasi teknisnya mana Bro?

Habis ini bahas Satria ya Bro.. Dari yg S, R sampe F.. ;)

@kucrut….
kamu dulu dech…..komennya….

selamat loncing blog deh…. :D

bedanya sama nova dash apa??????????

maaf, kurang informatif. sebagai pembaca, saya kurang mengerti apa yang hendak disampaikan oleh penulis.

terima kasih.

@ Big_z
Yamaha 125 Z ? boleh deh…walau motor ini rada susah ngalahin Nova Dash,waktu kejuaraan balap asia pembalap Thailand (Surapong Boonlert dari tim AP Honda Chrismast Wilayroj) yang tampil di Sentul Nova Dash seingatku sanggup dibawah 1 menit 44 koma sekian detik, sementara Yamaha 125 Z masih di sekitar 1 menit 47 s/d 48 detik. Yamaha 125Z terkenal di ajang cubprix (kejuaraan balap motor malaysia) dan bersaing sama Modenas dan Suzuki.

for all: terimakasih atas kunjungannya

@1. kucrut_bike’s:
bebas aja komentarin atau kritik aja,bro. Kita juga masih belajar nulis postingan berdasarkan pengalaman dan nostalgia khusus motor yang pernah ngetop di dunia balap dulu.

@2 & 3. gal120:
Nova Dash jelas beda banget dari speksifikasi (contohnya: kapasitas pake 125cc, udah radiator,dll)tapi secara prestasi Nova Dash juga motor jagoan bersaing dengan Yamaha Tiara/JR dan Kawasaki Leo khususnya di era sekitar 1995-2000′an balap motor Asia kelas 125 cc Asian Road Racing Championship (dulu masih bernama Asian Motor Grand Prix). Rencana aku juga mau bikin postingan Honda Nova Dash tetapi setelah yang berikut ini…Betul,bro…Sonic juga termasuk seri Nova,tapi buat motor ayam jago jenis 4 lejang/langkah.
Kalo soal Suzuki Satria kita akan susul kemudian, karena ini motor juga punya sejarah dan berprestasi.Pokoknya kita bikin yang obyektif dan seadil/netral mungkin deh.Tunggu aja,bro..

@4. hadi_bandung:
enak duluan atau enak belakangan,mendingan bareng deh lebih brasa dan brasa lebih…

@5. HaGe
makasih,bro…tapi belum ada acara selamatan nih maklum di tempatku BBM bersubsidi udah langka dan mahal.

@6. hulahup
jawaban sama dengan nomer 2,ya…

@7. suzuki san
makasih atas kritiknya,aku juga masih belajar dan belum tahu teknik penulisan dan sengaja sementara bikin yang bersifat umum dan masih fokus ke dunia balap dan sedikit nostalgia.

@ killbill1
Info tentang nama komentatornya jangan di bawah deh..kan udah kebiasaan di blog lain di atas semua.. Atau dikasih pembatas biar ga bingung..

kLo yamaha 125 Z gmn bro…?!

beda kelas dong,bro. 125 mestinya ngelawan Nova Dash yang udah 125 cc.

@9. gal120:
o iya ya biar lebih keren bagusnya jangan di bawah posisi komentatornya,ntar aku coba dulu. Makasih,Bro

Nagh.. Kalo gini kan jelas.. Gw juga suka nih warna coklatnya, tapi tuh yg ijo2 diganti orange aja.. Trus motif bunga2nya diganti yg berbau otomotif.. Sorry banyak mintanya..

iya.. mungkin gaya bahasamu saja yang masih berlibet. satu kalimatnya aja panjang bener, sulit dibaca dan dimengerti.

tapi dimaklumi, karena baru satu tulisan, jadi ditunggu tulisan berikutnya. dan, blog masa kini dituntut juga untuk dapat memberikan informasi yang akurat.

sip. kupas tuntas yah semua bebek ayam jago, my favorites!

@ 13. gal120
coklat sesuai warna kulit, yang ijo emang sesaui warna partai, yang bunga rencana mau ganti nuansa otomotif…sorry aku banyak gak ngertinya. gak papa banyak permintaan selama gak minta duit,aku coba penuhi deh.thanx

@ 14. suzuki san
betul,bro…aku masih terbawa gaya bahasa politik yang ngambang dan bisa bikin banyak penafsiran. selanjutnya akurasi akan aku prioritaskan khususnya segala berbau balap motor produksi yang bikin sejarah dan bikin geger.makasih.

Mantep juga ya Tena. Coba bisa di compare ama Cagiva Stella..
seru tuh!

@ 16.Danu
bener sekali saingan utama yang bisa ngalahin Tena ini cuma Stella rakitan negeri gajah putih (thailand). Penggemar rutres tahu kalo Stella korekan CMS yang di kebut Ade Taruna (63) selalu jadi momok dan bikin iri juga ngerepotin peserta final region di Sentul. Ahmad Jayadi yang pake Tena korekan Benny Jati Utomo aja kalah di dua Race. Pokoknya bikin geger deh!

ga bisa di compare sm stella125 lah…..umurny aj ud beda….isi silinderny jg hampir beda 10cc(lumayn tuh)
tena asliny 105cc vs stella 115cc.
tp Tena memang sang legenda di 110cc!

@ bonie
betul sekali,bro…

Ada yg tau gak tempat jual spare parts or aksesoris yg lengkap utk honda nova dash…?? Thanx…

wah ini rada repot juga,soale motor keluaran lama dan discountinue juga kali,ya?

hi .. cuma numpang lewat..
blog lu menarik tuk gw baca karena gw pecinta motor ..
bahas nova dash donk.. yang komplit yach
thanks..

mungkin Tena yg ad di Indonesia…Tena bekas balapan kalee y??

gak semua sih, kebanyakan lewat importir umum

@killbill1
Bro, penamilanny kyk tokoh2 era ’45?, ga nyindir lho^^

emang,bro.hehehehehhe

gw pernah tuh ktemu nova dash, gile bener Arashi gw ud rada ngeden tapi susah ngimbangin tuh dash (boncengan n nyantai lg dashny), wkt itu jg ad King yg mau ngelewatin tuh Dash…alaaa…alaaaa..tuh King smpe ngeden kyk org bakar smpah asepny,
iy neh Bro, bahas Nova Dash sang jagoan 125…..

Arashi mana mungkin ngelawan,lagian 4 tak mana bisa lawan 2 tak.Bisa jebol tuh mesin arashi kalo dipaksa.Bon..
Di zaman balapan 2 tak, Nova Dash itu gak usah dibahas semua (yang biasa maen rutres di sirkuit permanen atau drag race) sudah ngeri kalo liat catatan waktunya. Sekedar nostalgia aja nih,Bon…Nova Dash yang dikebut Surapong Boonlert punya Kritsamas AP Honda Team dari Thailand bikin rekor kelas underbone 125 CC waktu Asian Roadrace di Sentul udah cetak best time 1menit:44detik:koma kecil (Yamaha 125Z tim Malaysia masih kalah 2 s/d 3 detik apalagi kalo dibanding Suzuki Satria 120cc yag di overbore), artinya hampir setara dengan Kawasaki tim CMSnya Apeng & Kerry Hutama).

sparepart, ktny ad di toko2 onderdil di JL. Panjang Kebon jeruk

kecil kemungkinan kalo masih tersedia di toko, kecuali bengkel balap yang pernah pake Nova biasanya masih punya stok.

bener Bro, bisa rontokkk..hehehe, biasany inden tuh sparepartsny…ga ad versi kw ny sih :(
nova dash 125 prnah diulas di mototraxny global tv…ktny top speed tmbus 160km/h, nova sonic 140km/h (standar)
klo dipakein sayap trbang bener kalee ya?!

Bro, suka ngikutin dunia roadrace kykny??

beda dong…Sonic (4tak) kalo Dash (2tak), kasih gas nitro bisa jadi roket.
Rutres suka banget…!

kalo kasih gas elpiji gimana cuy?

bisa meledak kali,ya?

ya itu maksudny.
enak jg klo bs trbang…ngirit ongkos :)
Bro, nasib dr kmbaranny Tena gmn tuh? si nice 110 tp 4 tak,
doi jg salah satu motor langkah di Indo…tp dilihat dr spek, lariny kykny seimbang dgn Shogun 110.

Nice bersinar cuma di rutres thailand, di tempat kita malah babak belur (Jayadi pernah pake waktu masih gabung Benny Jati / Star Motor). Susah di riset dan tidak kompetitif buat turun balap.

iya kasihan jg ya…
bahkan populasiny lebih sedikit dr nova sonic,
tp lariny lumayan tuh…gw pernah ngejer nice…tp selalu gagal,mlh dipermainkn sama riderny tuh nice
maklum ngejerny pake astrea 800 hehehe

oh ye, ap bener spek motor honda ower max ny slalu digede2in?? krn pas gw liat forumny NSR sp power dr honda 39,5 Ps…tp knyataany cuma 31 ps,gmn tuh??

??

radiator apa aja bisa yang penting cocok posisi dan gampang dipasang. sebenarnya makin besar radiator justru makin adem tuh mesin.

kira-kira buat dipake ngedrag atau balapan liar oke kali ya!

pastilah gak ada lawan kalo modif abis buat turun drag race,bro

Masih bisa bejaban kayaknya, tergantung profile treknya.

kencengen Ninja dong, spek mesihn aja dah beda

Satria boreup belum pernah diajak maen di kelas 125 FIM GP,karna pembalapnya sudah sadar gak bisa ngelawan murni 125cc seperti 125Z apalagi Dash,Kawasaki Leo boreup ke 125cc aja ngos-ngosan. Beda kasus bila di kelas 115cc, RGSport emang bisa ngelawan merk laen.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Halaman

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: